Pages

Kamis, 23 Juni 2011

Makanan Musim Panas (夏)

Musim panas di Jepang berlangsung dari bulan Juni hingga bulan Agustus. Musim panas identik dengan panas dan lembab. Suhu udara di musim panas berkisar antara 20-28 derajat celcius(68-84 F). Di wilayah selatan, berkisar antara 21-29 derajat celcius(69-84 F). Di wilayah utara berkisar antara 14-23 derajat celcius(57-73 F). 
 Makanan-makanan yang biasanya ada di musim panas antara lain: 

1. Hiyashi Chuka(冷やし中華)
Hiyashi Chuka (mi dingin chow mein) adalah semangkuk mie ramen yang diatasnya dilengkapi dengan berbagai bahan dan sup dingin. Isinya mie kuning basah yang sebelum disajikan direndam dulu dengan es batu. Lauknya irisan telor dadar, daging ayam, timun, wortel, tauge, tomat, sosis atau sayuran lain yang semuanya direndam air es. Saus siramnya tergantung selera, biasanya terbuat dari kecap,cuka, wijen, minyak wijen.Karena mengandung karbohidrat, sayuran, dan sumber protein, itu membuat hayashi chuka menjadi makanan musim panas yang bergizi . Hiyashi chuka merupakan hidangan indah berwarna-warni. Banyak restoran menambahkan Chuka hiyashi untuk menu mereka selama musim panas. 

2. Zaru Soba(ざる蕎麦)
Zaru soba (mie soba di atas nampan bambu) adalah soba yang biasanya disajikan di atas nampan bambu(seiro/zaru). Soba dimakan dengan cara mencelupnya dulu ke dalam saus yang disebut soba tsuyu. Saus untuk zaru soba biasanya dibumbui dengan wasabi (lobak Jepang), kecap, gula, jahe dan irisan daun bawang. Di atas soba di beri irisan nori. Soba secara tradisional dikenal bergizi dan digunakan untuk meningkatkan tekanan darah tinggi dan sirkulasi. Di daerah  Kansai, saus sering ditambah dengan kocokan telur burung puyuh atau telur ayam mentah. 

3Edamame(枝豆)
Edamame adalah makanan jepang di musim panas berupa kacang kedelai yang masih muda. Sebelum di makan, edamame ini di rebus terlebih dahulu dalam air yang di campur garam. Edamame paling cocok dinikmati sambil minum sake. 

4. Unagi( 鰻)
Unagi dalam bahasa Jepang dipakai untuk menyebut belut air tawar. Sedangkan belut air asin disebut dengan unago. Belut air tawar Jepang memang agak berbeda dengan belut lokal, bentuk badannya lebih gendut dan lebar, karena itu saat dipotong kepala dan ekornya dan dibelah membujur akan terbentang lapisan daging berikut lemak yang cukup tebal. Karena itu rasanya juga lebih gurih dan lembut. Cara mengolah unagi yang lazim dilakukan di Jepang, dengan cara dipanggang di atas bara api sambil diolesi saus kabayaki. Saus inti terbuat dari campuran kecap Jepang dan mirin sehingga membuat warna belut kecokelatan dengan aroma yang harum dan rasa yang gurih-gurih sedikit manis. Cara memanggang unagi di Jepang bagian Timur agak berbeda dengan Jepang bagian Barat. Di bagian Timur, setelah dipanggang unagi akan dikukus kemudian dipanggang lagi sehingga rasanya lebih lembut. Sedangkan di bagian Barat Jepang, tanpa dikukus sehingga lebih renyah. Ada juga unagi yang dipanggang tanpa olesan saus dan dikenal dengan nama Shira yaki. Unagi biasanya dinikmati di musim panas, sekitar bulan Juli di Jepang. Sajian unagi yang terkenal adalah unagidon atau unadon. Unagi panggang dengan olesan kabayaki ditaruh dalam mangkuk berisi nasi putih yang hangat mengepul. Rasanya tentu saja sangat enak, apalagi setelah lelehan saus dan lemak serta aroma unagi menyatu dengan nasi putih. Kecuali itu unagi juga dipakai untuk topping sushi dan campuran salad. Unagi mengandung banyak protein, kalsium, vitamin A dan E. Unagi diyakini bisa menambah stamina dan dapat mencegah penyakit natsubate.
5. Somen(素麺 atau そうめん)
Sōmen adalah mi Jepang yang halus dan tipis, berwarna putih dari terigu dengan lebar kurang dari 1,3 mm. Sōmen dibuat dari tepung terigu dicampur air, garam dapur, dan minyak goreng. Sōmen biasanya dihidangkan sebagai makanan penyejuk di musim panas. Sebelum dimakan, sōmen dicelup dulu ke dalam saus encer (mentsuyu) yang rasanya asin sedikit  manis. Bahan untuk saus encer tersebut adalah campuran kecap asin, dan  gula pasir. Sebagai bahan penyedap biasanya ditambahkan irisan halus daun bawang atau myoga, parutan  jahe, dan  wijen. Di musim panas, sōmen dihidangkan bersama es batu agar tetap dingin sebelum dimakan. Beberapa restoran menyajikan somen secara unik, yaitu dengan mengalirkan somen pada batang bambu yang dialiri air es, yang dikenal dengan sebutan nagashi-somen.
Sōmen mengalir (nagashi sōmen)
Nagashi sōmen merupakan hidangan musim panas. Setelah direbus dan didinginkan, sōmen dihidangkan dengan cara dihanyutkan bersama aliran air. Batang bambu dibelah dua dan disambung-sambung seperti saluran air. Pangkal batang bambu diletakkan di tempat yang lebih tinggi agar air bisa mengalir. Orang yang ingin memakannya bersiap-siap di sisi aliran air dengan membawa sumpit. Sōmen yang sedang hanyut ditangkap dengan sumpit, dan dicelup ke dalam mangkuk kecil berisi saus encer sebelum dimakan.


Buah-buahan yang ada di musim panas antara lain:
- Semangka(すいか)
Merupakan buah yang di gemari di musim panas. Pasalnya buah yang banyak mengandung air ini kandungan nutrisi sangat tinggi. Mulai dari vitamin C, beta-carotene, potassium, serta phytochemicals. 
- Cherry(さくらんぼ)
- Melon

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright (c) 2010 Imou no Nikki. Design by Wordpress Themes.

Themes Lovers, Download Blogger Templates And Blogger Templates.